Memahami dan Menguasai Komponen Dasar Adobe Illustrator


Mungkin masih  ada diantara sobat yang menggunakan photoshop atau corel draw untuk membuat vector dan enggan berpindah ke lain hati,  tapi  adobe illustrator adalah tools yang patut dicoba karena lebih trend di dunia bidang per-vectoran, buktinya jika sobat mau menjual gambar baik itu di microstock ataupun situs lainnya rata rata mereka meminta file eps dan ai (keluaran adobe illustrator) bukan cdr ataupun psd. Disini saya tidak akan menjelaskan tutorial penggunaan adobe illustrator, karena diluar sana banyak website ataupun youtube yang bisa menjadi tempat sobat belajar. Disini saya akan menjelaskan apa saja yang perlu sobat pahami untuk yang baru belajar adobe illustrator :

Memahami penggunaan Box tool 

Merupakan tool utama yang biasanya terdapat pada bagian kanan layar (default). Untuk lebih jelasnya lihat pada postingan : Penjelasan Lengkap dan Fungsi Box Tool Adobe Illustrator

Memahami shortcut Keyboard

Terdapat beberapa shortcut atau jalan pintas yang bisa digunakan pada adobe illustrator hanya dengan mengklik kombinasi atau sebuah tombol pada keyboard. Default shortcut bisa ditemukan pada bagian menu atau tool adobe illustrator atau bisa juga menampilkan semuanya dengan mengklik menu edit kemudian keyboard shortcut, berikut tampilannya :
Shortcut pada bagian tool

Memahami penggunaan Pen tool

Pentool 
Pen tool merupakan hal dasar dan wajib dikuasai oleh desainer grafis. Berbeda dari photoshop yang kita bisa mengedit gambar atau foto yang sudah ada, illustrator merupakan tools untuk membuat gambar dari 0, walaupun bisa menambahkan gambar yang sudah ada tapi itu tidak bisa diedit dengan leluasa layaknya photoshop.  Pen tool juga terdapat pada photoshop namun di illustrator menurut saya lebih mudah digunakan terutama karena terdapat fitur menampilkan prediksi garis/kurva. Fungsinya yaitu menampilkan jarak prediksi seperti contoh berikut :
Garis warna hijau adalah prediksi yang disebut dengan smart guides
Untuk mengaktifkan smart guides bisa dengan mengklik view dan mengaktifkan centang smart guides.

Memahami Grup objek dan Layer

Illustrator memungkinkan kita bisa langsung mengklik objek seperti halnya corel draw sekaligus membuat layer layaknya photoshop. Contohnya seperti ini :
Grup dan Layer
Pada gambar diatas terdapat layer logo1 (paling atas), di bawahnya terdapat layer logo2, dan seterusnya. Sedangkan pada layer logo2 terdapat sebuah grup. Kemudian pada group itu terdapat bagian bagian layer berupa garis kurva seperti gambar berikut :
Bagian grup
Penggunaan grup akan memudahkan dalam men-select dan memindahkan objek secara cepat, dan juga jika ingin mengklik detail dari objek pada grup bisa mengklik dua kali, dan begitu seterusnya sampai bagian layer terkecil yang berupa objek garis/ kurva. Cara membuat grup ini yaitu dengan mengklik semua objek yang ingin di grup kemudian klik kanan dan pilih grup.

Memahami pewarnaan dengan Live Paint Bucket

 Live Paint Bucket
Dengan Live paint bucket kita bisa langsung mawarnai bagian dari objek dengan satu klik, contohnya yaitu :
Live Paint Bucket
Caranya yaitu membuat objek yang ingin diwarnai menjadi satu grup, kemudian klik grup tersebut, jika tidak bisa klik bagian atas merge live paint. Jika sudah menjadi sebuah grup objek maka kita bisa memilih menu live paint bucket dan kemudian memilih warna yang diinginkan (melalui eye dropper/ swatch), terakhir kita dengan mudah bisa mengedit warna pada setiap bagian objek secara leluasa.

Memahami Eye dropper dan  Color fill

Eyedropper dan Collor Fill
Eye dropper digunakan untuk mengcopy/ mengambil warna pada gambar yang sudah ada pada layar, gambar diatas menunjukkan bagian kotak atas adalah warna dari objek, dan kotak bawah adalah  warna stroke / garis pinggir dari objek.
Edit Stroke
Untuk mengubah warna dan tebal stroke bisa di edit pada bagian pojok kiri atas.

Memahami Color Swatch

Biasanya digunakan untuk membuat daftar warna yang sering dipakai, sehingga kita tidak perlu memilih warna yang sama lagi, bisa langsung sekali diklik pada kotak edit warna dan stroke (kiri atas layar). Untuk membuat daftar warna, caranya yaitu mengklik warna dengan eyedropper atau select warna pada palette kemudian pada tab swatches klik new pada pojok bawah : 
New Swatch
Kemudian warna ini akan bisa langsung dipilih dengan mengklik segitiga kecil  :
Langsung pilih warna pada stroke dan fill


Memahami menu Character dan Paragraph

Jika tool ini belum ada bisa dimunculkan dengan mengklik menu windows kemudian type kemudian klik centang character. Tool ini digunakan untuk mengedit tulisan atau text paragraph, diantaranya yaitu jenis huruf, tipe huruf,  jarak antar huruf atau antar  baris. Berikut menu nya :
Edit Text
Cara menggunakannya yaitu mengklik text yang ingin di edit, kemudian memilih pilihan yang ada pada tab character , untuk prakteknya bisa sobat coba coba sendiri dengan menambahkan dan mengurangi angkanya.

Memahami Effect 

Effect ini bisa dipakai dengan mengklik menu effect pada bagian atas layar. Terdapat banyak effect yang bisa digunakan, caranya dengan memilih menu effect .

Memahami Path Finder

Pathfinder merupakan tool untuk menggabungkan atau membuat beberapa objek berpotongan, jika belum ada kita bisa memunculkan menu pathfinder  dengan mengklik menu window kemudian klik centang pathfinder,  tampilan menunya sebagai berikut :
Menu Pathfinder
Terdapat beberapa tool yang bisa digunakan termasuk menggabungkan beberapa objek, tapi yang pertama dilakukan yaitu menselect objek tersebut terlebih dahulu. Untuk prakteknya sobat bisa mencobanya sendiri.


Memahami Gradient Fill

Gradient digunakan untuk membuat objek menjadi beberapa warna, contohnya sebagai berikut:
Edit Gradient
Cara penggunaannya yaitu memilih objek yang  ingin di gradienkan dan mengklik tab gradient, dan kemudian sobat bisa memilih sudut, capacity, dan menambahkan warna.


Memahami Align

Tools ini biasanya digunakan untuk membuat perataan pada objek, contoh nya pada gambar dibawah saya membuat beberapa objek lingkaran yang acak, kemudian saya menselect lingkaran lingkaran tersebut, dan terakhir mengklik horizontal align maka hasilnya jadi rata tengah sebagai berikut :
contoh horizontal align
Sobat biasa mencoba pilihan align yang lain dengan praktek secara langsung, jika tool ini belum muncul bisa dimunculkan dengan mengklik menu window kemudian klik centang pada align.
Align rata kanan


Memahami Transform tool

Tool ini biasanya digunakan untuk membuat transform objek, terutama dalam memnetukan nilai dari golden ratio, untuk penjelasannya lihat pada postingan : Memahami Golden Ratio dengan transform tool
transform tool

Memahami Mask

Tool dasar lainnya untuk menguasai adobe illustrator yaitu mask , lebih lengkapnya akan saya bahas pada postingan : Memahami Mask pada Adobe Illustrator

Sekian penjelasan dari postingan kali ini, link postingan yang belum jadi akan saya update pada kesempatan selanjutnya.
Memahami dan Menguasai Komponen Dasar Adobe Illustrator Memahami dan Menguasai Komponen Dasar Adobe Illustrator Reviewed by yanny on 11/01/2017 Rating: 5

No comments:

Tinggalkan jejak sobat dengan berkomentar yang baik..

Powered by Blogger.