10 Tips ampuh dan efektif lulus SBMPTN/ SNMPTN 2018


Kelas XII adalah masa yang selalu sukses membuat “galau” murid SMA. Bagaimana tidak, ini adalah masa yang sangat berpengaruh terhadap masa depan seseorang, mau menjadi apa dan bagaimana nantinya.
Tidak hanya digalaukan oleh masalah UN saja, tapi juga masalah agar sukses mendapatkan tempat kuliah dan jurusan yang diinginkan. 

Banyak siswa SMA terkena “Syndrom” disaat memilih jurusan kuliah yaitu “Ikut ikutan” teman dan memilih jurusan yang favorit dan kelihatan keren, serta yang diprediksi bergaji besar, padahal itu belum tentu hal yang disukai, kemudian ujung ujungnya banyak  malah merasa salah Jurusan. Nah, bagi yang berada di masa masa ini, sebaiknya banyak banyak lah mencari informasi dan dipikirkan dahulu tujuan hidup dan hal sebenarnya yang kamu inginkan. 

Tapi sebelumnya tentukan dulu fokus kamu apa ? Mau hidup seperti apa nantinya serta pekerjaan seperti apa.? Tapi banyak yang masih bingung tentang hal ini, bahkan ada yang sudah kuliah semester tua. Padahal ini adalah hal utama ketika memulai sesuatu, tanpa tujuan yang jelas akan tersesat bukan ?
Seperti kata Motivasi “ Menentukan tujuan terlebuh dahulu adalah yang terpenting”
Pada postingan kali ini, saya ingin sedikit berbagi tulisan mengenai kiat sukses SBMPTN/ SNMPTN buat kamu “hai” calon mahasiswa :

1.  Cari tahu  passion kamu

Banyak orang yang menyamakan arti passion dan bakat. Padahal keduanya adalah hal yang berbeda, namun seseorang bisa memeliki passion sekaligus bakat, atau hanya salah satunya. Bingung kan ?, jadi passion itu adalah sesuatu hal yang kamu senang mengerjakannya dan ingin mempelajari hal itu lebih dalam. Contohnya, kamu sangat suka utak atik computer (Bisa masuk jurusan IT),  sangat suka penasaran mengenai tumbuhan dan hewan (Biologi), mendengarkan dan mencari berita, dan “kepo”(Komunikasi) dan lainnya. Jadi disini intinya yaitu passion, karena tidak hanya pada dunia kuliah tapi mungkin seumur hidup kamu akan melakukan hal ini, juga tanggung jawab akhirat, nah lho..

Passion adalah  sesuatu yang walaupun dalam keadaan susah atau senang kamu akan tetap bisa dan menyukainya dan ingin mempelajari dunia itu lebih dalam, sehingga kamu senang mengaplikasikannya pada masyarakat terutama jika sudah bekerja nanti.

2. Cari tahu jurusan dan tempat kuliah yang sesuai

 Setelah menentukan passion, cari tempat kuliah yang sesuai. Karena untuk sukses kita harus mencari pengalaman baru dan menambah wawasan, beranilah mengambil resiko ( bukan nekad juga..- - ), jadi lebih baik kuliah di tempat yang kira – kira bisa membuat kamu lebih maju dan bisa belajar banyak hal baru, ada baiknya merantau, jika universitas ditempat kalian dianggap kurang begitu bagus. Cari tahu mengenai kampus yang dituju, biaya kuliahnya ( Jangan terlalu takut, biasanya Universitas negeri beasiswanya banyak), biaya hidup dan lainnya.

Cari informasi juga menegenai jurusan di Universitas tujuan, akreditasi, serta mata kuliahnya (Karena walaupun jurusannya sama, lain Universitas terkadang memiliki fokus lulusan yang berbeda)

3. Perbanyak latihan soal dan belajar

Kamu harus banyak belajar, apalagi jika jurusan incaranmu adalah favorit dan dari universitas favorit pula. Jadi perbanyak latihan soal soal terdahulu dan soal soal prediksi, lebih baik pahami materi tersebut dari konsep paling dasarnya. Karena jika sudah mengerti konsep dasarnya, ditambah banyak latihan, InsyaAllah Ujianmu akan lancar ...

Kalau untuk SNMPTN atau Undangan sebaiknya waktu SMA tidak hanya fokus meningkatkan nilai saja, juga perbanyak ikut lomba dan kegiatan. Karena dalam penerimaan mahasiswa baru jalur undangan biasanya nilai plus yang dilihat adalah Piagam prestasinya. Pengalaman, banyak teman saya rata rata yang diterima di Universitas dan jurusan bagus  karena mereka punya piagam prestasi yang cocok sama jurusannya incarannya.


4. Passing Grade dan TO

Walaupun TO dan Passing grade ini hanya prediksi, tapi ada baiknya jika kamu menggunakannya sebagai salah satu  referensi, karena biasanya soal TO merupakan soal prediksi, begitu juga dengan passing grade yang dihitung dari data tahun-tahun sebelumnya. Sebaiknya pilihlah jurusan yang mendekati poin passing grade, tapi jangan terlalu percaya banget juga jangan nekad . Perbnyak lah Ikut TO yaa..

5. Minta restu orang tua dan Perbanyak berdo’a

Restu orang tua adalah yang terpenting dari kesuksesan seseorang begitu juga dengan doa. Karena Usaha tanpa doa adalah sia sia, begitu juga dengan doa tanpa usaha. Khusus yang muslim,  perbanyaklah ibadah wajib dan sunat untuk minta yang terbaik kepada Allah. Bagi yang non muslim kamu bisa berdoa menurut kepercayaanmu juga.

6. Jaga kesehatan

Tidak ada artinya jika kamu sudah berusaha maksimal, tapi di hari ujian malah sakit. Jadi perbanyaklah makan makanan yang bergizi dan bervitamin, karena diakhir akhir ini kamu pasti sibuk oleh UN, ujian praktek, UAS dan SBMPTN

7.  Ikutilah ujian lain

Tidak hanya SBMPTN dan SNMPTN kamu bisa ikut ujian lainnya seperti ujian mandiri negeri, ujian sekolah tinggi pemerintah  seperti STAN dan STIS dan juga ujian lainnya.

8. Update informasi

Pada masa masa ini banyak sekali informasi tanggal ujian dan lain- lainnya, sebaiknya kamu stay up to date mengenai itu semua .


9. Sehari sebelum SBMPTN

Ada yang bilang sehari sebelum SBMPTN jangan belajar, tapi persiapkan mental, kesehatan dan alat-alat ujian. Serta jangan lupa memastikan lokasi dan tempat duduk ujian di sore harinya.

10.  Tawakal dan Optimislah

Serahkan diri kepada Tuhan, karena Dia-lah yang memegang takdir. Optimislah bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik, dan kamu pasti bisa melakukannya. Apapun hasilnya pasti itu yang terbaik, seperti kata pepatah "banyak jalan menuju roma", kesuksesanmu tidak ditentukan dari apa yang bisa dilihat sekarang. Terkadang banyak hal yang baik dibalik kegagalan atas sesuatu hal.
10 Tips ampuh dan efektif lulus SBMPTN/ SNMPTN 2018 10 Tips ampuh dan efektif  lulus SBMPTN/ SNMPTN 2018 Reviewed by yanny on 3/06/2017 Rating: 5

2 comments:

Tinggalkan jejak sobat dengan berkomentar yang baik..

Powered by Blogger.