Makna Arti Psikologi Bentuk dan Warna pada Logo


Logo merupakan sebuah lambang identitas yang menggambarkan sebuah perusahaan atau instansi, walaupun kelihatan sederhana namun logo terutama pada perusahaan besar dibuat dengan penuh pertimbangan. Pertimbangan ini biasanya melihat dari berbagai aspek baik segi bentuk, garis, susunan huruf, warna, hingga makna makna atau arti psikologi yang ada didalam logo. Makna tersebut biasanya sesuai dengan moto dan visi perusahaan tersebut. 

Dalam sebuah pengembangan sebuah merek atau brand, logo adalah hal yang paling utama karena desain logo yang baik akan mampu menimbulkan respon emosional yang baik pada pelanggannya bahkan mampu menarik calon pelanggan. Berikut ini saya rangkum makna atau arti dari bentuk dan warna dari sebuah logo serta contoh penerapannya pada perusahaan besar.

Makna psikologi bentuk logo :

Circle

Contoh logo bentuk dasar lingkaran
Merupakan logo dengan bentuk dasar circle atau lingkaran. Logo dengan bentuk ini memiliki arti komunitas atau grup, persahabatan, cinta, persatuan, kesempurnaan, pusat perhatian, dan perlindungan.

Curves

Contoh logo bentuk kurva
Merupakan logo dengan bentuk dasar kurva atau lengkungan. Logo dengan bentuk ini memiliki arti kebahagiaan, pergerakan, ritme, kesenangan, dan lebih feminim.

Spirals

Contoh logo bentuk spiral
Merupakan logo dengan bentuk dasar spiral atau garis putaran. Logo dengan bentuk ini memiliki arti kreativitas, pertumbuhan, dan perkembangan ke arah yang lebih baik.

Rectangles

contoh logo bentuk persegi
Merupakan logo dengan bentuk dasar persegi atau persegi panjang. Logo dengan bentuk ini memiliki arti keakraban, sifat bisa dipercaya, melayani, kedudukan jabatan, dan keseragaman.


Triangles

Contoh logo bentuk segitiga
Merupakan logo dengan bentuk dasar segitiga. Logo dengan bentuk ini memiliki arti kekuasaan, ilmu pengetahuan, kepercayaan agama tertentu, dan hukum.

Vertical

Contoh logo bentuk garis vertikal
Merupakan logo dengan bentuk dasar garis vertikal. Logo dengan bentuk ini memiliki arti kekuatan, kekuasaan, keberanian, kehandalan.

Horizontal

Contoh logo bentuk garis horizontal
Merupakan logo dengan bentuk dasar garis horizontal. Logo dengan bentuk ini memiliki arti komunitas, kekompakan, dan ketenangan.

Abstract

Contoh logo bentuk abstrak
Merupakan logo dengan bentuk dasar abstrak. Logo dengan bentuk ini merupakan interpertasi dari ide atau gagasan atau bisa juga menggambarkan tujuan perusahaan. Interpretasi ini kemudian digambarkan dalam bentuk logo abstrak berupa benda, hewan, ataupun hal lainnya yang dianggap memiliki makna sesuai dengan perusahaan tersebut.

Square

Contoh logo bentuk kotak
Merupakan logo dengan bentuk dasar garis kotak. Logo dengan bentuk ini memiliki arti organisasi, stabilitas, dan sosial.

Makna psikologi warna logo :

Biru

Contoh logo warna biru
Merupakan logo dengan bentuk dasar warna biru. Logo dengan bentuk ini memiliki arti aman, jujur, bisa dipercaya, dan ketenangan.

Merah

Contoh logo warna merah
Merupakan logo dengan bentuk dasar warna merah. Logo dengan bentuk ini memiliki arti energi atau tenaga, cinta, penuh gairah dan semangat, berani, serta tegas.

Orange

Contoh logo warna orange
Merupakan logo dengan bentuk dasar warna oarnge. Logo dengan bentuk ini memiliki arti kesenangan,bahagia, ramah, menyenangkan, dan bersahabat.

Kuning

Contoh logo warna kuning
Merupakan logo dengan bentuk dasar warna kuning. Logo dengan bentuk ini memiliki arti percaya diri, logis, optimis, dan perasaan ceria.

Hijau

Contoh logo warna hijau
Merupakan logo dengan bentuk dasar warna hijau. Logo dengan bentuk ini memiliki arti pertumbuhan atau perkembangan, kesegaran, kealamian, alam, dan kepedulian.

Ungu

Contoh logo warna ungu
Merupakan logo dengan bentuk dasar warna ungu. Logo dengan bentuk ini memiliki arti imaginasi, kerinduan, dan kreatif.

Hitam

Contoh logo warna hitam
Merupakan logo dengan bentuk dasar warna hitam. Logo dengan bentuk ini memiliki arti mewah, kecanggihan, kewibawaan, dan bersifat resmi.

Multi colour

Contoh logo multi warna 
Merupakan logo dengan bentuk dasar multi warna. Logo dengan bentuk ini memiliki arti banyak chanel, tak terbatas, ceria, dan positif serta logo dengan multi warna biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki banyak chanel atau produknya beragam. Contohnya google yang memiliki tidak hanya memiliki sistem pencarian namun juga mengambang ke email, drive, classroom, dan lain sebagainya.
Makna Arti Psikologi Bentuk dan Warna pada Logo Makna Arti Psikologi Bentuk dan Warna pada Logo Reviewed by yanny on 11/18/2017 Rating: 5

1 comment:

  1. Logo design contests have many advantages over the other, more traditional options. The sheer number of designers competing on some of the larger sites means that you get a vast array of concepts to choose from. Edknt Media

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak sobat dengan berkomentar yang baik..

Powered by Blogger.