Logo merupakan sebuah lambang identitas yang menggambarkan sebuah perusahaan atau instansi, walaupun kelihatan sederhana namun logo terutama pada perusahaan besar dibuat dengan penuh pertimbangan. Pertimbangan ini biasanya melihat dari berbagai aspek baik segi bentuk, garis, susunan huruf, warna, hingga makna makna atau arti psikologi yang ada didalam logo. Makna tersebut biasanya sesuai dengan moto dan visi perusahaan tersebut.
Dalam sebuah pengembangan sebuah merek atau brand, logo adalah hal yang paling utama karena desain logo yang baik akan mampu menimbulkan respon emosional yang baik pada pelanggannya bahkan mampu menarik calon pelanggan. Berikut ini saya rangkum makna atau arti dari bentuk dan warna dari sebuah logo serta contoh penerapannya pada perusahaan besar.
Makna psikologi bentuk logo :
Circle
Contoh logo bentuk dasar lingkaran |
Merupakan logo dengan bentuk dasar circle atau lingkaran. Logo dengan bentuk ini memiliki arti komunitas atau grup, persahabatan, cinta, persatuan, kesempurnaan, pusat perhatian, dan perlindungan.
Merupakan logo dengan bentuk dasar kurva atau lengkungan. Logo dengan bentuk ini memiliki arti kebahagiaan, pergerakan, ritme, kesenangan, dan lebih feminim.
Spirals
Contoh logo bentuk spiral |
Merupakan logo dengan bentuk dasar spiral atau garis putaran. Logo dengan bentuk ini memiliki arti kreativitas, pertumbuhan, dan perkembangan ke arah yang lebih baik.
Rectangles
contoh logo bentuk persegi |
Merupakan logo dengan bentuk dasar persegi atau persegi panjang. Logo dengan bentuk ini memiliki arti keakraban, sifat bisa dipercaya, melayani, kedudukan jabatan, dan keseragaman.
Triangles
Contoh logo bentuk segitiga |
Merupakan logo dengan bentuk dasar segitiga. Logo dengan bentuk ini memiliki arti kekuasaan, ilmu pengetahuan, kepercayaan agama tertentu, dan hukum.
Vertical
Contoh logo bentuk garis vertikal |
Merupakan logo dengan bentuk dasar garis vertikal. Logo dengan bentuk ini memiliki arti kekuatan, kekuasaan, keberanian, kehandalan.
Horizontal
Contoh logo bentuk garis horizontal |
Merupakan logo dengan bentuk dasar garis horizontal. Logo dengan bentuk ini memiliki arti komunitas, kekompakan, dan ketenangan.
Abstract
Contoh logo bentuk abstrak |
Merupakan logo dengan bentuk dasar abstrak. Logo dengan bentuk ini merupakan interpertasi dari ide atau gagasan atau bisa juga menggambarkan tujuan perusahaan. Interpretasi ini kemudian digambarkan dalam bentuk logo abstrak berupa benda, hewan, ataupun hal lainnya yang dianggap memiliki makna sesuai dengan perusahaan tersebut.
Square
Contoh logo bentuk kotak |
Merupakan logo dengan bentuk dasar garis kotak. Logo dengan bentuk ini memiliki arti organisasi, stabilitas, dan sosial.
Makna psikologi warna logo :
Biru
Contoh logo warna biru |
Merupakan logo dengan bentuk dasar warna biru. Logo dengan bentuk ini memiliki arti aman, jujur, bisa dipercaya, dan ketenangan.
Merah
Contoh logo warna merah |
Merupakan logo dengan bentuk dasar warna merah. Logo dengan bentuk ini memiliki arti energi atau tenaga, cinta, penuh gairah dan semangat, berani, serta tegas.
Orange
Contoh logo warna orange |
Merupakan logo dengan bentuk dasar warna oarnge. Logo dengan bentuk ini memiliki arti kesenangan,bahagia, ramah, menyenangkan, dan bersahabat.
Kuning
Contoh logo warna kuning |
Merupakan logo dengan bentuk dasar warna kuning. Logo dengan bentuk ini memiliki arti percaya diri, logis, optimis, dan perasaan ceria.
Hijau
Contoh logo warna hijau |
Merupakan logo dengan bentuk dasar warna hijau. Logo dengan bentuk ini memiliki arti pertumbuhan atau perkembangan, kesegaran, kealamian, alam, dan kepedulian.
Ungu
Contoh logo warna ungu |
Merupakan logo dengan bentuk dasar warna ungu. Logo dengan bentuk ini memiliki arti imaginasi, kerinduan, dan kreatif.
Hitam
Contoh logo warna hitam |
Merupakan logo dengan bentuk dasar warna hitam. Logo dengan bentuk ini memiliki arti mewah, kecanggihan, kewibawaan, dan bersifat resmi.
Multi colour
Contoh logo multi warna |
Merupakan logo dengan bentuk dasar multi warna. Logo dengan bentuk ini memiliki arti banyak chanel, tak terbatas, ceria, dan positif serta logo dengan multi warna biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki banyak chanel atau produknya beragam. Contohnya google yang memiliki tidak hanya memiliki sistem pencarian namun juga mengambang ke email, drive, classroom, dan lain sebagainya.
Makna Arti Psikologi Bentuk dan Warna pada Logo
Reviewed by yanny
on
11/18/2017
Rating:
Logo design contests have many advantages over the other, more traditional options. The sheer number of designers competing on some of the larger sites means that you get a vast array of concepts to choose from. Edknt Media
ReplyDelete