Galau Merasa Salah jurusan ? Pengalaman Pindah Kuliah


Sobat merasa salah jurusan kuliah ?

Atau merasa tidak tahu harus gimana lagi, saya tidak merasa suka pada jurusan kuliah sekarang ?

Pengen kabur dari kuliah ?

Merasa punya cita cita lain, dan jurusan sekarang bukanlah jalannya.

Atau hal lainnya yang sudah pasti perasaan ingin meninggalkan kuliah sekarang ?

Boleh saja merasa seperti itu, semua hal tersebut adalah wajar terutama bagi mahasiswa yang masih terbilang maba (semester muda), tidak ada salahnya karena saya ,banyak teman saya  dulu juga pernah seperti itu dan berakhir dengan mengulang SBMPTN tahun depan (di jurusan sekarang saya sudah semester enam) 

Awalnya saya bahagia dapat kuliah di salah satu PTN yang terbilang favorit di pulau jawa, dengan jurusan yang favorit pula.  Saya mengambil jurusan tersebut karena hal yang tidak terduga yaitu pilihan mendadak hanya beberapa hari sebelum pendaftaran SBMPTN berakhir. Dan itu atas saran orang lain, saya memilih tanpa tahu informasi apapun yang penting kuliah di situ, maklum waktu itu masih polos... 

Inilah akibat karena waktu itu saya masih plin-plan, kurang fokus, dan tidak tahu tujuan pasti tentang kuliah  dan masa depan mau seperti apa.

Saya tetap kuliah tapi tidak merasa 'greget', ingin kabur, dan merasa percaya diri dengan bidang lain yang saya kuasai (yang tidak ada hubungannya dengan jurusan saat itu). Hal lain yang mendorong untuk 'pergi' adalah kata motivasi:

 'Tidak ada salahnya bermimpi' dan ' kamu pasti bisa'.

Saya memilih mengulang tahun depan dengan hanya bertahan 1 semester,  agar bisa lulus saya mempersiapkan dengan  bimbel kelas alumni..

Waktu berlalu ..

Dan saya ikut banyak ujian, dan berhasil lulus sayangnya pilihan ketiga. Karena soal SBMPTN dari tahun ketahun jalan ceritanya selalu beda. Banyak teman saya dari kelas alumni juga lulus pada pilihan ketiga. Dan pilihan ketiga ini adalah pilihan yang tidak terpikirkan sebelumnya, alias bukan incaran saya. Terus saya ikut ujian lainnya, sehingga lulus dipilihan pertama di tempat yang tidak terpikir sebelumnya. Akhirnya sekarang saya kuliah di tempat yang tidak terpikir sebelumnya dengan jurusan yang tidak terpikir sebelumnya juga. haha.. Saya menjalaninya walaupun terkadang merasa salah jurusan , tapi intinya memang inilah yang terbaik, takdir tidak pernah bohong...

Dari pengalaman saya dapat disimpulkan :

Perlu Persipan dan Pertimbangan

Sebelum memiliki jurusan kuliah banyak hal yang harus dipertimbangkan, ada baiknya mencari informasi dari jurusan tersebut baik lewat media online ataupun lebih dalam lagi dengan melakukan survei tempat, serta bertanya dengan orang yang pernah kuliah disitu. Untuk detail lengkapnya akan saya bahas di postingan selanjutnya.

Tentukan fokus kamu apa ? Mau jadi apa? Pekerjaan seperti apa yang diinginkan ? Ada baiknya menyesuaikan dengan kesukaan dan kepribadian. Fokus dan tujuan adalah yang paling utama karena memulai sesuatu tanpa arah dan tujuan , bakalan tersesat percayalah ! 

Jangan terpengaruh orang lain, jika itu yang kamu inginkan. Pasti ada jalan untuk mencapainya, walaupun terdengan aneh bagi orang lain.

Jika merasa salah jurusan , itu wajar

Merasa salah jurusan , analisis lagi apa yang membuat kamu merasa salah jurusan. Apakah mata kuliah nya yang sulit, jika begini apakah teman sejurusanmu juga merasa seperti ini. Jika iya berarti ada baiknya kamu bertahan, karena beberapa matakuliah tidak harus kamu kuasai semuanya sepenuhnya. Temukan penyebab kamu merasa seperti itu, jangan jangan hanya karena alasan sepele seperti lingkungan yang tidak sama seperti SMA.

Banyak yang harus dikorbankan

Tidak mudah mengulang tahun depan ada banyak hal yang harus jadi pertimbangan diantaranya kamu harus mengorbankan waktu, tenaga, dan uang. Serta tahun depan tidak ada yang menjamin kamu lulus di tempat yang diinginkan. 

Apakah sanggup ? Apa mengulang harus se 'worth it' ini,

Jika ya lanjutkan...

Cari informasi dan diskusi sama orang terdekat

Tidak mudah pindah jurusan, diskusilah sama orang tua, teman sejurusan, atau teman lain yang kamu percaya dan bisa memberi pendapat. Jika kamu benar benar yakin, ada kemungkinan orang tua tidak akan menyukainya, kamu harus meyakinkannya dengan alasan yang sudah kamu analisa tadi.

Ada baiknya tetap bertahan

Seperti pengalaman saya setiap jurusan memiliki tantangan yang berbeda beda, tidak ada yang mudah. Jadi cobalah cari bagian mana yang sekiranya bisa membuat kamu bertahan misalkan saya sekarang di jurusan informatika dan tidak suka ngoding, masih ada yang saya suka yaitu design, walaupun tidak terlalu berhubungan namun setidaknya masih ada hubungannya. Saya akan mencoba peruntungan dengan mengembangkannya disini, walaupun pelan pelan.

Ini bukanlah akhir segalanya

Pikirkan apa yang terjadi selanjutnya, jika saya pindah kuliah kira kira bagaimana akhirnya. Pas awal awalnya kamu mungkin merasa bersemangat ketika lepas dari kuliah yang membuatmu galau, namun jika sudah pindah ke yang baru dan menemui kesulitan kamu akan  ingat kebaikan jurusan yang lama dan berpikir " wah andai saya tidak pindah kuliah dulu, saya akan..." Bukankan ini sifat manusia tidak pernah puas, ketika memiliki sesuatu menginginkan yang lainnya.  Intinya ini bukanlah akhir segalanya masih ada jalan, hidup bukan tentang kuliah doang, buka mata dan telingamu masih banyak hal lainnya. Untuk jadi bahagia dan sukses bukan hanya harus dari kuliah.

Banyak banyak bersyukur

Syukurlah kamu masih bisa kuliah, hidup, dan Allah memberimu kesempatan. Semua pasti ada hikmahnya, selama saya hidup entah kenapa selalu ada sesuatu dibalik sesuatu yang membuat saya berpikir "wah jadi ini maksudnya, dan saya baru tahu sekarang". Bahkan di saat musibahpun, saya berpikir seperti itu.

Galau Merasa Salah jurusan ? Pengalaman Pindah Kuliah Galau Merasa Salah jurusan ? Pengalaman Pindah Kuliah Reviewed by yanny on 9/22/2017 Rating: 5

No comments:

Tinggalkan jejak sobat dengan berkomentar yang baik..

Powered by Blogger.