Perbedaan Versi pada Adobe Software ( CS, CC, Portable, Extended, Beta..)


Adobe adalah perusahaan softaware yang didirikan pada tahun 1982 dan berpusat di San Jose, California, AS. Adobe bisa dikatakan termasuk perusahaan yang paling besar di dunia. Adobe ini merupakan perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis, animasi, video, dan pengembangan web. Beberapa dari produk-produknya yang terkenal dan mendunia contohnya adalah Photoshop, Flash, dan Acrobat. Diantara banyaknya produk adobe yang sudah dikembangkan, mungkin diantara kita pernah bertanya :

Kenapa produk dari adobe banyak sekali jenisnya, tidak hanya itu saja setiap jenis pun memiliki versi yang berbeda-beda diantaranya yaitu full, beta, extended, dan portable version, serta  CC dan CS, apa beda dari semuanya ?

Pada postingan kali ini saya akan membahas perbedaan dari ke semua versi dari produk adobe tersebut .

Pertama versi produk adobe berdasarkan penginstalan dan rilisnya pada komputer yaitu  :

Versi Portable

Apa itu software Portable ? Versi Portable adalah versi adobe software yang jenis Program Aplikasinya tidak perlu diinstal saat ingin kita gunakan seperti software pada umumnya dan bersifat gratis. Disamping itu jenis Portable ini lebih ringan dan praktis baik dalam ukuran dan penggunaannya ini dikarenakan ukuran datanya lebih kecil, sehingga versi ini bisa dibawa kemana-mana tanpa perlu diinstall walaupun hanya disimpan pada flashdisk. Perbandingan ukuran datanya lumayan fantastis misalkan saja pada adobe photoshop versi portable ukurannya sekitar 500 an mb, ini relatif lebih kecil berkali lipat dibanding ukuran full versinya yang bergiga mb.   

Akan tetapi dari sekian banyak kelebihan dari versi Portable, versi ini juga memiliki kekurangan yaitu pada saat  penggunaan ada beberapa plugin yang tidak ada ataupun tidak bisa digunakan, ataupun terdapat juga plugin yang harus di download ulang sendiri untuk melengkapinya, mengapa begitu karna plugin dari aplikasi utamanya tidak ada membundle plugin yang tidak tersedia. Salah satu kekurangan lainnya adalah versi ini bisa saja tiba tiba crash. Jadi ada baiknya selalu menyimpan file pekerjaan, dari pada nanti ga bisa dibuka lagi kan .. 


Full Version

Kebalikan dari portable version, versi ini terlebih dahulu harus diinstall pada komputer seperti software lain pada umumnya dan bersifat tidak gratis (Kecuali jika menggunakan crack ). Jadi versi ini akan meninggalkan jejak di komputer dan terinstall pada disk C (Jika sobat menginstallnya disana), serta versi ini tidak bisa dibawa kemana- mana baik lewat hardisk ataupun flashdisk, kecuali yang dibawa adalah file instalan dan sobat menginstallnya pada komputer lain, itu sudah pasti kan.

Namun begitu software ini memiliki kelebihan dalam hal fitur yang lebih komplit dan lengkap serta tidak mudah crash jika digunakan.


Versi Extended

Apa itu software Extended ? Versi Extended adalah versi adobe software yang  full version dan update karena plugin-plugin yang terpasang sudah lengkap. Misalkan pada Photoshop CS 6 yang biasa dan Photoshop CS 6 Extended. Photoshop CS 6 biasa merupakan versi standart pada saat diterbitkan, baru kemudian diterbitkan lagi versi Extended nya yaitu Photoshop CS 6 Extended. 

Mengapa bisa begitu ? karena versi Extended merupakan update dari versi Standart nya software tersebut yang sudah terpasang plugin dengan lengkap.


Versi Beta

Sesuai namanya yaitu BETA, hal ini tidak begitu berbeda dengan software lain. Karena dalam proses pengembangan dan pembuatan, software melewati beberapa tahapan. Pada software adobe Beta artinya versi  tersebut masih belum layak untuk di jual dan digunakan secara umum karna masih dalam tahap pengembangan dan perbaikan terhadap kekurangan yang sekiranya akan di dapat suatu hari nanti, bayangkan aja kalo Versi BETA sudah beredar luas di masyarakat dan industri dengan segala plugin yang meragukan, akan merusak nama baik dari perusahan Software itu sendiri.
Kedua yaitu versi produk adobe berdasarkan penggunaannya dengan internet yaitu  :


Versi CS

Versi CS atau Creative Suite penggunaannya masih terbilang offline contohnya saja update software yang harus di lakukan secara manual atau tidak tersedia di aplikasinya. Harga adobe versi CS lebih mahal dari CC ini karena CS masih menggunakan sistem 1 serial number, dan yang paling menyedihkan versi ini tidak dapat di instal di mac OS atau OS lainnya selain Windows. Untuk sekarang adobe hanya terbatas pada versi CS6 yang terakhir. Untuk update ke depannya pihak adobe akan tetap menjual adobe CC dimana dengan sistem sewa perbulan ataupun pertahun, untuk harga terdapat beberapa jenis seperti paket student, grup, dll.

Versi CC

Sedangkan untuk versi CC atau Creative Cloud, sudah menggunakan sistem Cloud Computing, buat sobat yang belum tahu apa itu Cloud computing yaitu merupakan penyimpanan berbasis online contohnya sederhananya seperti google drive, sehingga pada versi ini kita bisa menyimpan atau mengupload hasil editan kita ke server adobe menggunakan akun adobe. Termasuk pada sistem penjualannya versi CC menggunakan sistem sewa yang berbeda dengan CS yang hanya menggunakan 1 serial serta beberapa kelebihan lainnya dibandingkan versi CS.

Beberapa fitur CC yang tidak dimiliki CS diantaranya yaitu fitur untuk upgrade ke versi terbaru secara continue, aplikasi masih bisa diakses jika masa berlangganan berakhir, dapat dipoperasikan pada dua komputer atau lebih secara bersamaan, dapat diinstall pada windows dan MAC OS X, bisa digunakan untuk pemakaian jangka panjang dan pendek, tersedia dalam berbagai bahasa, dan gratis pada versi trial.

Sekian postingan kali ini tentang jenis dan perbedaan versi pada  adobe software, update ini postingannya sudah berumur hehe, jadi untuk sekarang versi aslinya adobe yaitu hanya ada versi CC dimana hanya tersedia jika dibeli dengan subscription atau sistem sewa bisa perbulan ataupun pertahun...
Perbedaan Versi pada Adobe Software ( CS, CC, Portable, Extended, Beta..) Perbedaan Versi pada Adobe Software ( CS, CC, Portable, Extended, Beta..) Reviewed by yanny on 4/22/2017 Rating: 5

9 comments:

  1. thanks infonya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama, terimakasih sudah mampir :)

      Delete
  2. Anonymous5/26/2018

    thx bro infonya

    ReplyDelete
  3. Thanks infonya :)
    Mau tanya, apakah file adobe CS bisa dengan mudah dibuka di adobe CC?

    ReplyDelete
  4. kalo di komputer nginstal yang versi cs sama yang portable apa ga akan bentrok tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik nginstall versi CC yang terbaru aja,lebih lengkap dan mudah digunakan kalau pun mau nginstall cs sama portable yg saya dulu ga pernah bentrok karena beda installan..

      Delete
  5. Ini artikel udah lama bgt,maaf saya blm bisa update blog lagi :) Sebenarnya sekarang versi ori atau resmi adobe yang masih update terus hanya CC dan kalau mau ori harus langganan terus,Versi CS yang terakhir CS6 dan ga pernah update lagi..dan versi portable biasanya bagian dari crack crack an..

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak sobat dengan berkomentar yang baik..

Powered by Blogger.